Bagaimana Cara Menggunakan Obat yang Benar?

Setiap orang pasti pernah meminum obat maupun vitamin produksi dari industri farmasi yang notabenenya semua bahan merupakan bahan kimia. Obat sendiri merupakan racun bagi tubuh, jika penggunaan tidak tepat dosis, tidak tepat waktu, tidak tepat indikasi maka akan menjadi boomerang buat tubuh kita.

Seringkali manusia menganggap dengan gejala yang sama maka obat yang diminum bisa digunakan secara bersama-sama dengan yang lain tanpa adanya konsultasi dengan tenaga kefarmasian. Hal ini akan merugikan bagi pengguna sendiri.

Penggunaan obat yang benar wajib diterapkan kepada setiap individu baik itu obat keras maupun obat bebas dan bebas terbatas. Obat bebas dan bebas terbatas memang bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter dan dapat diperoleh di apotek maupun  toko obat. Sedangkan obat bebas selain di 2 unit pelayanan Kesehatan tersebut dapat diperoleh di warung maupun toko serta swalayan. Ada  beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli obat bebas maupun bebas terbatas tersebut, antara lain cek waktu kadaluwarsa, cek no izin edar BPOM ataupun cek no registrasinya yang merupakan bukti legalitas produk tersebut dan aman digunakan. Akan lebih bijak jika membeli di unit layanan kesehatan yang terdapat tenaga kefarmasiannya.

Jika mengkonsumsi obat antibiotic seperti amoksisilin, ampicillin, ciprofloksasin, cefiksim, cefadroksil dan yang lainnya pastikan tubuh kita tidak alergi antibiotic tersebut dan berikan informasi kepada tenaga Kesehatan jika memang mempunyai alergi obat tertentu agar kejadian yang fatal bisa dihindarkan. Obat-obat antibiotic ini harus diminum sampai habis meskipun sudah sehat dan membaik tetapi wajib dihabiskan. Jika menggunakan obat-obat dengan efek local baca brosur penggunaan dengan baik dan teliti, jika tidak paham langsung menanyakan kepada tenaga kefarmasian.

Jika ada obat yang tersisa atau kadaluwarsa selama dalam penyimpanan maka obat dapat dihancurkan dengan cara yang tepat, jika obat berbentuk tablet harus dihancurkan dengan digerus dan dilarutkan dalam air baru dibuang ditempat saluran air atau ke dalam tanah atau bisa dibakar sampai menjadi abu.

Demikian sekelumit informasi cara penggunaan obat yang benar semoga bisa membudayakan dalam kehidupan bermasyarakat. Salam sehat….

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *